Jumat, 05 Juli 2013

Pengalaman Pertama Sirkumsisi (Calon Mahasiswa FK)



Hoi semuanya!!!
Selamat buat para pelajar yang telah lulus Sekolah Menengah Atas dan mendapatkan Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan, dan selamat juga buat yang masih belajar sampe jungkir balik rolling depan belakang sembari kayang menempuh segala macam ujian yang soalnya naujubileh susah seantero jagad raya baik yang melalui SBMPTN atau UM(Ujian Mandiri) buat dapetin PTN hehe <

Maklumin aja, soalnya gue udah selow karena gue gak terlalu ngejar PTN. Gue bersyukur udah dapet PTS fakultas kedokteran disebuah universitas *piiiiiip* (disensor ceritanya). Dan bersyukur lagi, gue bisa jadi asisten dokter selama liburan sambil nunggu diospek diuniversitas tempat gue kuliah nanti. 

Nah gue mau sharing aja nih pengalaman lucu menurut gue hehe.....
Kemaren tanggal 4 Juli, dan untuk pertama kalinya gue nemenin dokter buat sirkumsisi (bahasa awamnya sih sunat gitu). Yang dateng anak sama bapaknya, yang disunat anaknya loh.....
Terus pas anaknya disuntik anunya (ngertikan maksud gue, gaperlu dijelasin kan-..-) anaknya teriak. Lah pas anaknya teriak, bapaknya yang lagi berdiri disamping anaknya yang gue pikir bakal nyemangatin anaknya biar gak takut malah jatoh pingsan. Parahnya celana si bapak basah gara-gara ngompol ketakutan gitu ngeliat anaknya disunat. 
Astaga.......pengalaman pertama gue ini bikin ngakak, tapi gue tahan pas ditempat. Jaga image dong gue, masa orang lagi sakit diketawain. Calon dokter macam apa gue ini kalo sampe ngetawain orang sakit???!!!!
***
The story does not end here.
Sorenya gue masih jadi asisten dokter dikliniknya. Jadi jadwal kerja gue kalo pagi jam 6, siap-siap khusus sirkumsisi(kalo ada request dari pasien) dan sore mulai jam 6-10 malam. Balik ke cerita gue. Pas sekitar jam 8, ada operasi buat ngambil implant yang ditanem ditangan ibu-ibu. Implant itu alat kontrasepsi. Dan sepertinya untuk kali ini gue kualat gara-gara kelakuan gue pas paginya ngetawain bapak-bapak pingsan. Walaupun gue ketawanya dalam hati. 
Ketika dokternya nyobek tangan si ibu, dan sedikit dikobok kobok robekan tangannya buat ngambil implant yang ditanemnya dalem banget, seketika gue eneg dan mulai mau pingsan. Gue mikir, gengsi dong kalo gue pingsan didalem klinik gara-gara ngeliat operasi begitu doang. Alhasil gue minta ijin ke dokternya, alesan 'Dok, izin mau ngambil minum.' Syukurlah dokternya pengertian!!! Mungkin sang dokter ngerti maksud gue 'ngambil minum', akhirnya si dokter nyuruh gue keluar. Gue keluar klinik, cari udara segar dan beli minum ke warung. Gue beli coca cola, karena ada sodanya dan berharap sehabis minum soda gue bersendawa kemudian eneg nya ilang. 
Selepas eneg nya ilang, gue balik lagi ke ruang operasi, kata dokternya 'Udah sana kamu siapin obat buat pasiennya aja' Yaudah gue turutin apa kata dokter.

Sesampainya dirumah, gue rebahan dan memandang langit-langit. Mikir lagi, mulai besok gue harus siapin mental lebih biar gak ciut ngadepin segala momok menakutkan dalam dunia kedokteran. Daaaaan jangan sekali-kali ngeremehin orang awam yang takut akan darah, suntikan, dll. Karena mungkin sewaktu-waktu kita sendiri yang terlihat ciut ngadepin hal-hal itu.

Sekian cerita gue seharian jadi as-dok, asisten dokter. Sekarang gue lelah, mau istirahat dan tidur dengan tenang(bukan mau mati tapi).
Salam semangat!!!